Pengukuhan dan pelantikan Pengurus Bundo Kanduang Agam Periode 2023-2027

AGAM, KOMINFO - Bupati Agam Dr Andri Warman MM mengajak pengurus baru Bundo Kanduang untuk tidak menutup diri menghadapi globalisasi dan memanfaatkan kemajuan teknologi dengan memperkukuh jati diri anak kemanakan berdasarkan falsafah hidup "Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah, Syarak Mangato Adat Mamakal'.

 

Hal itu disampaikannya saat menghadiri pengukuhan dan pelantikan pengurus Bundo Kanduang periode 2023 - 2027 di Aula Kantor Bupati, Lubuk Basung, pada Jumat (01/12/2023)

 

Ia mengungkapkan Bundo Kanduang memiliki peranan yang sangat penting sebagai lembaga mitra pemerintah, karena juga berfungsi sebagai benteng bagi anak kamanakan dan nagari dari pengaruh perubahan pola masyarakat.

 

“Mari tingkatkan peran Bundo dalam melestarikan norma agama dan adat salingka nagari,” ucapnya.

 

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Ketua Pengurus Bundo Kanduang Provinsi Sumatera Barat, Bundo Puti Reno Raudah, ia meminta seluruh pengurus Bundo Kanduang untuk mendidik diri sendiri dan menjadi contoh teladan bagi anak cucu melalui jiwa, pakaian, dan aktivitas menurut tata cara aturan adat.

 

“Tujuan utama adalah akhlakul karimah bagaimana kita menerapkan dan mengimplementasikan Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah, Syarak Mangato Adat Mamakai. Alam takambang manjadi guru, yang mana itu merujuk kepada nilai-nilai agama Islam yang kita anut,” tegasnya.

 

Saat penutupan acara, pengurus lama Bundo Kanduang menyerahkan inventaris berupa sebuah laptop kepada pengurus baru guna menjalankan organisasi untuk periode 5 tahun kedepan.

 

Adapapun tamu yang turut hadir dalam pelantikan ini adalah Ketua LKKM, Ketua Organisasi Wanita, Penasehat Bundo Kanduang Kecamatan, dan Kepala OPD Kabupaten Agam.