KPPN Bukittinggi Galang Sinergi Pemberdayaan UMKM dan Pelatihan Kewirausahaan di Kabupaten Agam

AGAM, KOMINFO - Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Bukittinggi, dalam upayanya untuk mengembangkan sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), gelar program sinergi pemberdayaan UMKM dan pelatihan kewirausahaan yang berlangsung dengan antusias di Kabupaten Agam.

 

Pada kegiatan yang berlangsung Balairung Rumah Dinas Bupati pada Jumat (22/10), KPPN Bukittinggi melibatkan lebih dari 250 pelaku UMKM dari berbagai sektor untuk mengikuti serangkaian pelatihan intensif.

 

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peserta dalam mengelola usaha, pemasaran produk, manajemen keuangan, serta pemanfaatan teknologi digital guna memperluas jangkauan pasar.

 

"Dengan menggandeng para pelaku UMKM yang ada di Agam saya berharap bisa naik kelas. Hal Ini tidak bisa dilakukan sendiri, maka dibutuhkan sinergi secara bersama oleh seluruh pihak untuk pemberdayaan UMKM," ujar Kepala KPPN Bukittinggi, Khairil Indra dalam sambutannya.

 

Acara ini juga memberikan peluang bagi UMKM lokal untuk mengeksplorasi potensi kerjasama dengan pihak terkait seperti lembaga keuangan, dan lembaga pendukung UMKM lainnya guna memperluas akses mereka terhadap pembiayaan, inovasi, dan peningkatan kapasitas.

 

Keberhasilan program ini menjadi dorongan positif bagi KPPN Bukittinggi untuk terus mendukung pertumbuhan UMKM secara berkelanjutan, memperkuat ekosistem kewirausahaan, dan mendorong terciptanya lapangan kerja yang berkelanjutan di Kabupaten Agam.

 

Disamping itu, Bupati Agam yang diwakili oleh Sekdakab Agam Drs H Edi Busti MSi dalam sambutannya menyampaikan pemberdayaan UMKM merupakan upaya yang dilakukan Pemerintah Daerah, dunia usaha dan masyarakat secara sinergitas dalam bentuk penumbuhan iklim dan pengembangan usaha.

 

Edi Busti berharap dengan adanya kegiatan ini agar dapat menjadikan UMKM lebih maju, sehingga hasil dari pelaksanaan kegiatan yang dilakukan KPPN Bukittinggi menjadi tolak ukur keberhasilan pelatihan nantinya.

 

"Saya mewakili Pemkab Agam berterimakasih kepada KPPN Bukittinggi atas program yang sudah terlaksana dalam pemberdayaan UMKM di Agam, semiga kerjasama ini dapat berlanjut untuk tahun selanjutnya," tutup Sekda Agam.