Forum Smart City Nasional, Pameran dan Awarding Gerakan Menuju Smart City 2023

AGAM, KOMINFO - Kabupaten Agam berhasil menjadi satu dari 50 Kota/Kabupaten yang mendapatkan penghargaan dalam ajang Forum Smart City Nasional 2023, Pameran, dan Awarding Gerakan Menuju Smart City Tahun 2023.

 

Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Menkominfo Budi Arie Setiadi kepada Bupati Agam Dr H Andri Warman MM bersama 49 Kota/Kabupaten lainnya di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD, Tangerang Selatan, Kamis (7/12).

 

Dalam sambutannya Menkominfo, Budi Arie Setiadi menyampaikan dalam pengembangan teknologi smart city terdapat peluangan pengembangan antara lain peningkatan efisiensi, perbaikan sistem transportasi publik pengurangan tingkat kejahatan penciptaan kualitas lingkungan.

 

Disamping itu, tantangan pengembangannya adalah biaya pengembangan teknologi yang tidak murah , kebutuhan talenta digital yang banyak, tantangan isu keamanan, dan persiapan legislasi.

 

“Pada roadmap Indonesia Digital 2030, Indonesia setiap tahun membutuhkan talenta digital sebanyak 600.000 orang dan kebutuhan infrastruktur keamanan yang kuat,” ungkap Budi Arie.

 

Program gerakan menuju kota cerdas 2023 merupakan upaya Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kemenkominfo terhadap kota/kabupaten terpilih untuk penyusunan masterplan kota/kabupaten cerdas.

 

“Tahun ini setelah melalui asesmen terdapat 50 kota/kabupaten, 2 provinsi yang kami dampingi, serta 17 kota/kabupaten yang mengajukan proposal bisnis matchmaking terkait fasilitasi pembangunan infrastruktur yang bisa dikerjasamakan melalui pemerintah dan badan usaha,” lanjutnya.

 

Untuk mempersiapkan program Tahun 2024, Kemenkominfo sudah melakukan koordinasi dengan 10 Pemerintah Daerah untuk melakukan pendampingan, karena dengan demikian dari tahun 2017-2024 nanti terdapat 251 kota/kabupaten yang mendapatkan pendampingan Kominfo.

 

Pasca kegiatan, Bupati Agam Dr H Andri Warman MM menyampaikan melalui penghargaan ini dapat menjadi motivasi kita untuk terus berkarya dan berkontribusi bagi kemajuan Kabupaten Agam.

 

“Semoga apa yang telah kita rencanakan pada masterplan Smart City bisa di jalankan dengan baik pada 2024, sehingga gerakan ini bisa kita wujudkan,” tutup Bupati.