Upacara Peringatan Empat Hari Besar Berlangsung Haru, Aidhea Roza Fifinia jadi Anak Asuh Bupati Agam

AGAM, KOMIMFO - Upacara sakral peringatan 4 hari besar nasional yang dipusatkan di halaman kantor Bupati Agam, Selasa, (23/5) berubah haru. Pasalnya, usai upacara, disela penyerahan hadiah bagi siswa dan guru berprestasi, Bupati Agam Dr H Andri Warman MM mengumumkan kembali mengangkat anak asuh. 

 

Moment haru terlihat, saat Bupati Agam mendatangi Aidhea Roza Fifinia, warga Jorong Sago, Nagari Manggopoh, kecamatan Lubuk Basung didampingi ayahnya Arifin Caniago, langsung menangis haru saat menyalami Bupati Agam.

 

Bahkan, Bupati Agam bersama sang ayah serta para unsur Forkopimda Agam tak kuasa menahan linangan air mata disela cuaca panas, saat diceritakan kondisi keluarga sang anak yang kurang mampu, namun prestasi yang diraihnya di sekolah sangat luar biasa. 

 

Aidhea Roza Fifinia tercatat sebagai salah satu mahasiswa baru, yang lolos seleksi SNBP 2023 di Universitas Negeri Padang (UNP) untuk pendidikan Biologi (S1). 

 

Dhea bersama ayahnya yang sudah putus asa, karena tidak ada biaya untuk memenuhi kebutuhan kuliah dan pendaftaran itu Senin kemarin mengaku sudah pasrah, dan tidak berharap banyak untuk bisa kuliah.

 

Namun, impian Dhea panggilan akrab siswa yang kerap meraih gelar juara di SMAN 3 Lubuk Basung itu akhirnya disambungkan oleh Bupati Agam, yang secara spontan menyatakan mengangkatnya sebagai anak asuh dan siap menguliahkannya hingga sarjana (S1). 

 

Kisah pilu itulah yang membuat sontak banyak pihak, bahkan Bupati Agam sendiri tak kuasa menahan tangis, saat Dhea bersama sang ayah Arifin Caniago menangis haru, mengungkap terimakasih atas ketulusan hati Bupati Agam itu. 

 

“Kami sangat berterimakasih pak, “ungkap Arifin Caniago, dengan wajah lusuh menahan kesedihan, saat mendampingi sang anak dengan pakaian seadanya, berbalut sandal jepit yang nyaris putus. 

 

 Bupati Agam yang dikenal sebagai “Ayah Asuh Anak Yatim Kabupaten Agam” menyebut apa yang dirasakan Dhea bersama ayahnya, sudah pernah dialaminya sejak kecil. 

 

“Dhea harus kuliah, harus sarjana, Insya Allah, Tuhan akan membantu, saya siap jadi ayah asuh Dhea, yang penting Dhea kuliah” ungkapnya sambil berulangkali menepuk bahu Dhea yang terus menangis haru. 

 

Dhea bersama Arifin Caniago didampingi Wakil Kepala Bidang Kesiswaan SMAN 3 Lubuk Basung Suherman, memang sengaja diundang untuk menerima “Hadiah Spesial” dari Bupati Agam dalam rangkaian upacara 4 hari besar nasional itu, yang menyatakan siap membantu biaya pendidikan dan kuliah Dhea hingga sarjana di UNP, sesuai laporan yang diterima Bupati Agam, Senin kemarin sesuai impiannya.