Perluas Jaringan Saka Adhyasta Pemilu, Bawaslu Agam Sosialisasi Dalam Momen Raimuna Cabang Agam

AGAM, KOMINFO – Menjelang Pemilu Tahun 2024, Bawaslu Agam gencarkan pengawasan partisipatif masyarakat lewat Satuan Karya Pramuka (Saka) Adhyasta Pemilu pada momen Raimuna Cabang Agam.

 

Kegiatan Sosialisasi pengawasan partisipatif dilakukan oleh Okta Muhlia, Anggota Bawaslu Agam, saat menghadiri Pembukaan Raimuna Cabang Agam Tahun 2023. Pembukaan Raimuna diselenggarakan pada Hari Jumat, 19 Mei 2023, di Bumi Perkemahan Ponpes Asy Syarif, TIlatang Kamang, dan dibuka langsung oleh ketua harian Kwarcab Agam, Kak Jetson. Raimuna diikuti oleh jajaran Pramuka Panegak dan Pramuka Pandega Kabupaten Agam, dengan total 226 peserta. 

 

“Pramuka Panegak dan Pandega ini adalah anggota yang umurnya antara 16 tahun hingga 25 tahun. Bagi Bawaslu, Pembentukan Saka Adhyasta Pemilu yang beranggotakan Pramuka Panegak dan Pramuka Pandega ini menjadi salah satu target efektif untuk melaksanakan pengawasan partisipatif. Kenapa? , karen adik-adik adalah kawula muda milenial yang setidaknya memiliki 3 sifat utama, yaitu Creatif, Confidence, dan Connected” ujar Okta Muhlia.

 

Anak pramuka ini adalah insan kreatif yang punya ide-ide baru. Kreatifitas anak pramuka bisa memunculkan inovasi untuk berpartisipasi dalam pengawasan Pemilu. Anak pramuka juga anak yang percaya diri sehingga berani mengawal Pemilu tetap sesuai dengan aturan perundang-undangan yang berlaku. Dan terakhir, anak pramuka suka bersosialisasi, mampu menambah koneksi untuk memperluas partisipasi masyarakat dalam pengawasan Pemilu. jelas Lia.

 

Selain mengajak peserta Raimuna untuk bergabung dalam Saka Adhyasta Pemilu di Kabupaten Agam, Okta Muhlia juga melakukan Patroli Kawal Hak Pilih dengan mengingatkan para peserta untuk memastikan hak pilihnya dalam DPT online. Para peserta diminta untuk tidak lengah dengan hak-hak politiknya. 

 

Pengawasan Pemilu ini merupakan tanggung jawab kita bersama, Bawaslu tidak akan sempurna dalam melakukan pengawasan apabila tidak disertai dengan partisipasi dari masyarakat. Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan Pemilu” tutup Lia.