Pemkab Agam Jamin Pendidikan Anak Penghafal Al Quran Hingga Perguruan Tinggi

AGAM, KOMINFO - Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat, menjamin biaya pendidikan bagi anak penghafal Al Quran berasal dari keluarga kurang mampu sampai ke perguruan tinggi dalam meningkatkan sumber daya manusia.

 

"Anak penghafal Al Quran bakal dibiayai pendidikan mereka sampai perguruan tinggi," kata Bupati Agam Andri Warman di Lubukbasung, Sabtu.

 

Ia mengatakan saat ini sebanyak 228 mahasiswa yang menerima beasiswa dengan rincian pada 2021 sebanyak 110 orang dan 2022 sebanyak 118 orang. Mereka kuliah di sejumlah perguruan tinggi ternama di Sumbar maupun luar Sumbar.

 

Ini salah satu program unggulan di bidang SDM dengan membangun masyarakat yang mandiri, berdaya saing, berkualitas dan berkarakter.

 

"Ini program Agam Maju Generasi Pintar dengan memberikan beasiswa kepada mahasiswa Agam yang berasal dari keluarga tidak mampu yang berkuliah di perguruan tinggi favorit," katanya.

 

Pada wisuda tahfiz angkatan ke-II Rumah Tahfiz Raudhatul Huffazh di SMPN 1 Kamangmagek, Kamis (4/5), Bupati memberikan beasiswa kepada salah seorang wisudawan yang hafal Al Quran atas nama Nurul Rahmawati.

 

Setelah itu, Bupati secara tiba-tiba mengumumkan bahwa dirinya mengangkat Nurul Rahmawati sebagai anak asuhnya.

 

“Saya sangat senang dan sekaligus juga sedih, jika melihat seorang anak yang berprestasi, namun berada dalam kesusahan,” katanya.

 

 

Sementara orang tua Nurul, Nelda Wati mengucapkan terima kasih kepada Bupati Agam yang telah memberikan beasiswa.

 

 

"Terima kasih atas bantuan bupati telah memberikan kesempatan untuk anak saya bisa bersekolah dan mendapatkan pendidikan lebih lanjut," katanya.