Dinkes Agam Bentuk Jorong Kesling

Nagari -Nagari Terus Dibina Dalam Memenuhi Sarana Kesehatan

Dinas Kesehatan Kabupaten Agam membentuk jorong Kesehatan Lingkungan (Kesling), dengan tujuan untuk mengatasi masalah kesehatan bagi warga setempat. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Agam, Dr. Indra, MPPM mengatakan, hal ini harus dilakukan agar masyarakat terhindar dari berbagai penyakit penyakit dan pembentukan jorong Kesling ini adalah dalam rangka pelaksanaan rangkaian kegiatan PKK-KB-Kes di Kabupaten Agam yang dipusatkan di Nagari Salareh Aia Kecamatan Palembayan.

"Oleh karena itu, kondisi fisik rumah harus memenuhi syarat kesehatan, sarana air bersih yang memenuhi syarat kesehatan, sarana pembuangan kotoran yang memenuhi syarat kesehatan, sarana pembuangan sampah yang memenuhi syarat kesehatan dan sarana pembuangan limbah yang memenuhi syarat kesehatan," Indra saat pembinaan kepada walinagari dan masyarakat Jorong Padang Koto Gadang. Dr. Indra MPPM berharap dengan terbentuknya jorong Kesling ini, tidak ada lagi masyarakat yang buang air besar sembarangan, masyarakat selalu mencuci tangan pakai sabun, masyarakat mampu mengelola air minum dan makanan yang aman, mengelola sampah dengan benar dan masyarakat mampu mengelola limbah dengan benar.

Pada kunjungan tersebut, Indra juga memberikan masukan dan arahan kepada walinagari dan tokoh masyarakat untuk bersama-sama menjadikan pasar tradisional yang ada di Nagari Salareh Aia menjadi pasar sehat, dimana pedagang sudah dikelompokkan menurut jenis dagangannya. Hal ini dilakukan karena letak Kantor Wali Nagari Salareh Aia yang berada di belakang pasar, sehingga jika pasar sehat ini terwujud lingkungan kantor walinagari akan tampak lebih baik dan sehat. (Humas Setda Kab. Agam)