Rp.3,4 Milyar DAK Dikucurkan ke Pemkab Agam Tahun 2012

DAK Untuk Peningkatan Hasil Pertanian Masyarakat Agam

Dinas Pertanian Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan Kabupaten Agam, mendapat Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2012 berjumlah Rp3,4 Miliyar. Dana ini merupakan pendamping untuk melaksanakan berbagai kegiatan pada dinas tersebut dalam mendorong peningkatan hasil pertanian dan perkebunan masyarakat. Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan Kabupaten Agam Ir Armansyah mengatakan, tahun 2012 nanti, Dinas Pertanian Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan Kabupaten Agam mendapatkan bantuan sebesar Rp3,4 miliar.

Dana pendamping tersebut dipergunakan untuk pengembangan lahan pertanian atau perkebunan seperti perkebunan jeruk seluas 300 hektar, pertanian organik dan pengembangan tanaman sayuran dan pembinaan kelompok pengembangan Raphis di Kabupaten Agam. "Dana pembinaan ini diperuntukan untuk Kelompok Canduang dan Ampek Angkek," kata Armansyah.

Sementara itu, pihaknya juga melakukan pengembangan bawah merah di dataran rendah yang mana bibitnya berasal dari Brebes Provinsi Jawa Tengah. Kelompok pengembangan bawang merah ini sudah dibentuk saat ini, diantaranya, Kelompok Tani Ranah Den Cinto di Kecamatan Lubukbasung akan mendapat bibit bawang merah sebanyak 100 kg, Kelompok Aliran Danau Jorong Ujung Padang Nagari Kampung Pinang Kecamatan Lubukbasung akan mendapatkan bantuan bibit sebanyak 60 kg.

Kelompok Amal Remaja Jorong Cacang Tinggi Nagari Tiku Utara Kecamatan Tanjung Mutiara akan mendapatkan bantuan 100 kg, Kelompok Saiyo Jorong Balai Ahad Kecamatan Lubukbasung mendapatkan bantuan bibit 160 kg. Selain itu, juga mendapatkan bantuan pengadaan bibit padi, jagung, kedele dan ubi kayu dengan jumlah sebesar Rp2,3 miliar. Khsusus untuk tanaman pangan ini, masing-masing kelompok akan didampinggi oleh petugas sekolah lapangan pengelolaan tanaman terpadu (SLPTT). (Humas Setda Kab. Agam)