Perlu Evaluasi dalam Proses Belajaran

Erwin : Perlu Adanya Persiapan Dalam Menghadapi Ujian Semester dan UN 2011/2012

Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Agam, terus lakukan berbagai persiapan dan evaluasi dalam menghadapi ujian semester dan Ujian Nasional  (UN) tahun 2011/2012 untuk tingkat SMP, SMA dan SMK.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Agam Drs. Erwin Umar, M.Pd mengatakan informasi tentang SKB 5 Menteri mengenai pendataan guru dan pegawai yang harus dilakukan program sukses UN, Try Out Remedial atau Pengayaan, Belajar Sore, Tes Diagnostik Supervisi Kelas oleh Kepala Sekolah dan diharapkan pada semester dua seluruh materi pelajaran sudah tuntas.

Untuk itu, perlu adanya evaluasi yang merupakan kegiatan penting dalam proses pembelajaran karena dengan evaluasi akan diperoleh informasi tentang seberapa jauh siswa telah menguasai pengetahuan dan keterampilan pada setiap akhir suatu program yang telah dijalankan di sekolah-sekolah.

Sehingga, hasil evaluasi juga merupakan umpan balik untuk memperbaiki hambatan yang mungkin timbul dalam proses pembelajaran serta berfungsi sebagai “motivasi” para anak didik yang berada di sekolah masing-masing

Apalagi, dalam mencapai hasil evaluasi perlu dipantau dan dikontrol supaya dapat dipertahankan atau ditingkatkan mutunya. Pemantauan ini akan lebih baik apabila melibatkan sekolah, orangtua atau wali dan siswa itu sendiri melalui kerjasama dalam pemantauan ini agar  dapat segera dicarikan solusinya.

Selanjutnya, Disdikpora mengingatkan kepada seluruh kepala sekolah SMP bahwasannya pada tanggal 17 Desember 2011 ini, akan dilaksanakan serah terima barang kegiatan pengadaan buku yang dibiayai DAK 2010, diminta setelah itu agar segera dilakukan inventarisir terhadap buku yang diterima sekolah masing-masing.

Pada kesempatan lain,  pihaknya turut menekankan pentingnya pemanfaatan IT disekolah-sekolah, terutama Sekolah Standar Nasioanal (SSN) di Kabupaten Agam, juga pemantauan terhadap penggunaan dana blockgrant  melalui kegiatan (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) MGMP agar program betul–betul terlaksana dan tepat sasaran.

Lebih lanjut, Pemerintah Kabupaten Agam terus mendorong peran MGMP untuk turut serta meningkatkan kemampuan profesional guru dan mutu pembelajaran yang terlaksana di dalamnya secara umum diarahkan untuk menyamakan pandangan guru-guru satu pelajaran yang sama agar terjadi keseragaman. (Humas Setda. Kab. Agam)