Bupati Agam Indra Catri merasa iri dengan orang maninjau yang memiliki talenta IQ yang baik, lingkungan alam yang kuat, sehingga orang maninjau itu punya kemampuan cerd..." /> Bupati Agam Indra Catri merasa iri dengan orang maninjau yang memiliki talenta IQ yang baik, lingkungan alam yang kuat, sehingga orang maninjau itu punya kemampuan cerd..." />

Jadikan Sosio Kultural Capital Orang Maninjau Dalam Setiap Pencapaian Tujuan Bersama

Bupati Agam Indra Catri merasa iri dengan orang maninjau yang memiliki talenta IQ yang baik, lingkungan alam yang kuat, sehingga orang maninjau itu punya kemampuan cerdas, santun, beragama yang kuat, dan Ulet.

Demikian Bupati Agam mengawali sambutannya pada pembukaan Musyawarah Wilayah Ikatan Alumni SMA Maninjau yang sekarang bernama SMA 1 Tanjung Raya. Pada kesempatan tersebut Bupati Agam, meminta kepada semua pihak, bahwa potensi sumber daya manusia yang berkualitas tersebut dibina, diantaranya dengan melakukan pembenahan infrastruktur pendidikan.

Sehingga acara Musyawarah yang dilakukan oleh Alumni ini patut kita syukuri bersama, mati kita sediakan tempat belajar yang nyaman, tempat beribadat yang suci, serta temat berwuduk dan kamar mandi yang bersih bagi anak didik kita, sehingga akan dilahirkan kembali dari rahin orang maninjau, tokoh-tokoh yang akan membangun negeri ini, seperti contoh yang telah diperlihatkan tokoh-tokoh yang tidak hanya secara nasional tapi sudah mendunia dan mereka berasal dari maninjau.

Pemerintah Daerah saat ini secara terus menerus berupaya membenahi infrastruktur pendukung kegiatan masyarakat, diantaranya pelebaran jalan yang sedang dikerjakan dari Lubuk Sao ke Koto Malintang dan Maninjau sendiri kata Bupati, terakhir Bupati mengingatkan, jadikan sosio cultural capital yang dimiliki masyarakat Maninjau untuk menuju hari depan yang lebih baik.

Sebelumnya kepala SMA 1 Tanjung Raya, Khairul Amri, menyampaikan bahwa persoalan utama yang dimiliki oleh SMA 1 Tanjung Raya saat ini adalah lebih separoh kelas yang tidak memenuhi standar dibandingkan dengan yang memenuhi standar atau hanya 7 (tujuh)  kelas. Hal ini menjadi salah satu pemicu, akhir-akhir ini prestasi SMA 1 Tanjung Raya terus mengalami penurunan.

Menikapi hal ini maka panitia musyawarmenjadi dua poin utama yakni tentang sana dan peningkatan mutu pendidikan. Semoga tema acara musyawarah yakni menyatukan hati dan langkah nyata mambangkik batang tarandam di SMA 1 Tanjung Raya ini terwujud.

Pada hari yang sama Bupati Agam juga menghadiri pengukuhan pengurus RAPI (Radio Antar Penduduk) Kabupaten Agam di Aula SMK Tanjung Raya, dalam kesempatan tersebut Bupati menyempatkan diri bersilaturahmi dan berdialog dengan pengurus RAPI Agam yang pertama tersebut, setelah sebelumnya selama 5 tahun bernaung dalam RAPI Agam Bukittinggi.

Indra Catri yang dikenal dekat dengan semua kalangan tersebut secara spontan menanyakan kepada pengurus yang baru “Aa karajo Ambo?”, pengurus Rapi Agam yang ditanya secara mendadak dan bebas dari protokoler tersebut terkaget juga, belum selesai rasa kaget mereka Bupati Agam menyerahkan bantuan senilai Rp. 5.000.000,- sembari berujar “pambali baju seragam anggota” kata beliau, serambi pamit kepada pengurus karena ada kegiatan lain yang harus dihadiri.

Sumber Bagian Humas Sekretariat Daerah Kab. Agam