UPT BP4K2P Kamang Magek Memberdayakan Pelaku Usaha

UPT BP4K2P Kecamatan Kamang Magek Melaksanakan SL-PPHP Kakao

Unit Pelaksana Teknik Kepala Badan Pelaksana Penyuluhan Pertaniah Perikanan Kehutanan dan Ketahanan Pangan (UPT BP4K2P) Kecamatan Kamang Magek Kabupaten Agam, melakukan sekolah lapangan pengelolaan dan pemasaran hasil pertanian kakao, dalam upaya meningkatkan kemampuan sumber daya manusia (SDM) pertanian, khususnya pada aspek pengolahan dan pemasaran hasil pertanian.

Kepala Badan Pelaksana Penyuluhan Pertaniah Perikanan Kehutanan dan Ketahanan Pengan Kabupaten  Agam, Ir. Heliyos Rynondeva pada Reporter Agam Media Center (AMC), Jumat (09/12) mengatakan, sekolah lapangan pengolahan dan pemasaran hasil pertanian kakao yang dilaksanakan pada lahan Kelompok Tani KPC Kami Saiyo dengan luas lahan 35 Ha.

Menurutnya, kegiatan ini merupakan program dan didanai oleh Dinas Pertanian Propinsi Sumatera Barat, telah selesai dilaksanakan beberapa waktu yang lalu dalam rangka dikembangkan atas dasar pemikiran untuk memberdayakan pelaku usaha dalam bidang pengolahan dan pemasaran hasil pertanian. Diharapkan akan dapat mengubah sasaran dan sikap ketergantungan ke arah kemandirian dari saling kerja perorangan (individu) kearah kerja kelompok dari pekerja terampil menjadi pekerja  professional.

Dalam kegiatan tersebut, hadiri SL PPHP kakao, KPC Kami Saiyo yang diketuai oleh H. Taufik AD  didampingi Zulwanus selaku penyuluh pertanian di Sekolah Lapang PPHP kakao di Nagari Kamang Hilir Kecamatan Kamang Magek. Sedangkan, Kepala UPT BP4K2P Kecamatan Kamang Magek Bakhrizal, S.Sos mengatakan bahwa sasaran dari kegiatan ini adalah pengembangan kakao untuk Kecamatan Kamang Magek keseluruhan dengan potensi luas tanaman kakao seluas 260 Ha. Lebih lanjut tambah dia, salah satu kelemahan agribisnis dan agroindustri kakao adalah kelembagaan dan keahlian manajemen di tingkat petani atau kelompok tani yang masih rendah, sehingga budidaya kakao, penanganan pasca panen kakao berupa fermentasi biji kakao, pengolahan hasil kakao serta pemasarannya lebih baik.

Selain itu, kegiatan ini juga diikuti oleh seluruh ketua kelompok tani se-Kecamatan Kamang Magek yang sebelumnya telah melakukan study banding ke PT Inang Sari yang bergerak di bidang perkebunan tanaman kakao. Untuk itu, kegiatan yang telah dilaksanakan dalam mendukung program Pemerintah Kabupaten Agam yaitu "Agam Menyemai".

Kegiatan SL PPHP ini ditutup pada acara Field-day pada Senin 5 Desember 2011 yang dihadiri langsung oleh jajaran Dinas Pertanian Propinsi Sumatera Barat beserta tim dari Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian Perikanan Kehutanan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Agam. (Humas)