Hilangkan stigma negatif ditengah masyarakat bahwa pemeriksaan itu jangan dianggap sebagai pesanan, karena periksaan itu merupakan sebuah instrumen dalam melakukan prin..." /> Hilangkan stigma negatif ditengah masyarakat bahwa pemeriksaan itu jangan dianggap sebagai pesanan, karena periksaan itu merupakan sebuah instrumen dalam melakukan prin..." />

Bupati Agam Indra Catri Buka Rakorwasda 2011

Hilangkan stigma negatif ditengah masyarakat bahwa pemeriksaan itu jangan dianggap sebagai pesanan, karena periksaan itu merupakan sebuah instrumen dalam melakukan prinsip-prinsip pengawasan.

Hal itu dikatakan Bupati Agam Indra Catri pada acara pembukaan Rapat Koordinasi Pengawasan Daerah (Rakorwasda) 2011 Kabupaten Agam bertempat di aula kantor bupati setempat, Kamis (8/12).

Menurut Indra Catri, implikasi sebuah pemerintahan dewasa ini harus berorientasi pada pemerintahan yang baik dan melayani, bukan pemerintahan yang baik-baik saja.

" Jadi kontrol pengawasan sangat diperlukan, dalam menuju efisiensi yang akan membawa dampak pada meminimalisir kebocoran anggaran berjalan," ujar bupati.

Sementara itu Inspektur Kabupaten Agam Drs. H. Aztarmizi, MM dalam laporannya menyampaikan latar belakang pelaksanaan rakorwasda salah satunya sebagai konteks pengawasan dalam penerapan prinsip akuntabilitas publik

Rapat Rakorwsada yang mengambil tema meningkatkan peran dan fungsi Inspektorat sebagai penjamin kualitas penyelenggara pemerintahan di Kabupaten Agam itu betujuan untuk terciptanya koordinasi pengawasan upaya penanganan isu-isu aktual yang berkembang.

Selain itu juga betujuan untuk sinkronisasi pengawasan sehingga terwujudnya pemutakhiran data hasil pengawasan, yang pada akhirnya akan tersusun Program Kerja Pengawasan Tahunan (PKPT) 2012, ujar Aztarmizi.

Pada kesempatan Rakorwasda tahun ini juga disuguhkan materi Sistem Pengendalian Intern Pemerintahan dari Kasubag Perencana BPKP Perwakilan Sumbar Afdal Sati, SE.AK, CPE serta materi sosialisasi tentang kerugian negara/daerah, tindak lanjut dan TPTGR oleh Sekretaris Panitia Drs. Muctazar, Ak.MSi.

Sumber Bagian Humas Sekretariat Daerah Kab. Agam