Ketua TP PKK Sumatera Barat Ny. Nevi Irwan Prayitno mengajak masyarakat untuk melakukan penanaman pohon diruang terbuka dalam mengatasi longsor dan banjir yang akan men..." /> Ketua TP PKK Sumatera Barat Ny. Nevi Irwan Prayitno mengajak masyarakat untuk melakukan penanaman pohon diruang terbuka dalam mengatasi longsor dan banjir yang akan men..." />

Ketua TPPKK Sumbar, Lakukan Penanaman Pohon di Ruang Terbuka

Ketua TP PKK Sumatera Barat Ny. Nevi Irwan Prayitno mengajak masyarakat untuk melakukan penanaman pohon diruang terbuka dalam mengatasi longsor dan banjir yang akan mengancam.


Hal itu disampaikan oleh Ny. Nevi Irwan Prayitno saat acara Gerakan Perempuan Tanam dan Pelihara Pohon (GPTPP) Tahun 2011 yang dipusatkan di kawasan Sport Centre Bukuk Bunian Lubuk Basung, Jumat (2/11).

Ia menambahkan, wilayah Sumatera Barat merupakan daerah rawan longsor dan banjir. Ini dibuktikan dengan bencana yang terjadi di Sumbar beberapa hari ini.

Selain mengatasi rawan, kata dia, program ini merupakan gerakan penanaman dan pemeliharaan satu miliar pohon. Pada kegiatan ini, Kabupaten Agam ditunjuk sebagai tuan rumah oleh TP PKK Sumatera Barat.

Pada kegiatan ini, diharapkan para perempuan dapat menjalankan fungsinya untuk mendukung ketahanan pangan dan kesehatan keluarga.

Sementara itu, Bupati Agam Indra Catri Dt.Malako Nan Putiah menginginkan penanaman pohon ini berbasis keluarga dan ada empat hal yang harus ditanamkan kepada anak-anak sejak dini seperti menanam, menjahit, memasak dan mengaji.

Ia berharap, jadikanlah kegiatan hari ini bukan sekedar menanam tapi menjadikan pelajaran untuk perkembangan diri lebih baik kedepannya terutama dari ibu, karena ibu merupakan pilar menegak kebaikan dan jangan hanya sekedar menanam saja tapi lebih penting tanamlah kebaikan untuk masa yang akan datang sehingga kita bisa mendapatkan masa datang lebih baik daripada hari ini.

Ny.Vita Indra Catri mengatakan, kegiatan ini merupakan kegiatan Propinsi Sumatera Barat yang pelaksanaanya ditunjuk Kabupaten Agam.

"Bibit dibantu Pemerintah Propinsi Sumatera Barat yang akan dikirim secara bertahap," tambahnya.

Ny.Vita menambahkan, kegiatan yang telah dilakukan oleh GPTPP tahun 2011 Propinsi Sumatera Barat seperti penanaman pohon keras, pelindung dan penyerapan air di lahan-lahan kosong di RTH perkotaan dan hutan kota.

Selain melakukan penanaman, TP PKK juga menyerahkan bibit kepada lima nagari di Kecamatan Lubuk Basung yang nantinya akan dilombakan.

"Jumlah bibit yang diserahkan sebanyak 4.450 batang dengan berbagai jenis tanaman diantaranya mahoni, matoa dan lengkeng," ungkap Ny.Vita.

Gerakan Perempuan Tanam dan Pelihara Pohon (GPTPP) Tahun 2011 ini tentu saja sejalan dengan program “Agam Menyemai” yang telah dicanangkan oleh Bupati Agam Indra Catri Dt. Malako Nan Putiah sehingga diharapkan dapat meningkatkan kepedulian dan partisipasi kaum perempuan dalam menanam dan memelihara pohon. "Tak ada lagi perempuan yang tak peduli dengan menanam," ungkap Ny.Vita mengakhiri.

Acara Penanaman dihadiri oleh Ny. Nevi Irwan Prayitno selaku Ketua TP PKK Sumatera Barat serta seluruh Ketua TP PKK Kabupaten/Kota se Sumatera Barat dan 15 (lima belas) Organisasi Wanita di Kabupaten Agam, SKPD se-Kabupaten Agam, wali nagari se-kecamatan Lubuk Basung, ninik mamak, tokoh masyarakat dan masyarakat se-Lubuk Basung.

Sumber Bagian HUMAS Sekretariat Daerah Kab. Agam